Karimunjawa Kabupaten Jepara Dijanjikan Listrik Hybrid

Masyarakat Karimunjawa mendapatkan janji manis dari Pemerintah, berupa rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid, yang menggabungkan tenaga angin dan matahari. Jika rencana ini kesampaian, kebutuhan listrik di Karimunjawa diharapkan bisa terlayani 24 jam nonstop.

 Camat Karimunjawa Nuryanto menyatakan, Kementerian ESDM dalam waktu dekat akan mengunjungi Karimunjawa, namun kapan pastinya pihaknya masih belum bisa memastikan termasuk rencana pembangunan pembangkit listrik mesin diesel dan sel surya ini juga belum jelas.

 “Kami hanya sudah diberitahu tentang hal ini dari ESDM Jepara. Tentu saja, rencana ini masih harus melalui beberapa tahapan. Jadi kapan akan dimulai, itu yang masih belum bisa dipastikan,” ujar Nuryanto, Jumat (31/8).

Rencana yang disodorkan tersebut, menurut Nuryanto, mengharuskan adanya ketersediaan lahan seluas 3 hektar. Lahan ini, lanjutnya, untuk menempatkan sel surya yang bisa menyerap sinar matahari dan diubah menjadi tenaga listrik serta kincir penangkap angin yang bisa digunakan untuk menggerakkan generator pembangkit listrik . (wawasan)

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s