Pesta Lomban 2012

Hari kedelapan setelah lebaran, saatnya puncak acara pesta lomban, Pesta lomban di jepara khususnya, dan kawasan pantura pada umumnya, tidaklah terlalu banyak berbeda pada essensinya. Yang beda adalah pengembangannya. Di Jepara, pesta lomban terdiri dari 3 tahap, yaitu sedekah laut (pelarungan kepala kerbau), festival kupat lepet (perang ketupat) dan pesta lomban sendiri, dimana semua orang tumpah ruah di 3 pantai utama jepara, yaitu pantai Kartini, pantai Bandengan, dan Pantai Benteng Portugis. Menurut sejarah dan tradisi turun-temurun, semua kegiatan dipusatkan di pantai Kartini.

Pesta Lomban 2012 dimulai dari tanggal 19-26 Agustus 2012 dan banyak pedagang baru menggelar lapak di sana. Suasana jalan  selalu ramai kendaraan.

Sudah menjadi Agenda Pariwisata di Jepara, seminggu setelah Idul Fitri, atau tepatnya 8 Syawal akan ada pesta rakyat Jepara. Berpusat di Pantai Kartini, Pesta Lomban tahun ini akan digelar bertepatan dengan hari Minggu tanggal 26 Agustus 2012. Rangkaian acara biasanya dimulai dengan wayang kulit malam sebelumnya, kemudian puncaknya pada keesokan harinya, dimulai dengan “ritual” Larung Kepala Kerbau. Untuk puncak kegiatan pada tanggal 26 Agustus 2012 ini, rangkaian acara dimulai dari jam 06.00 WIB.

Sesaji larunganSetelah acara seremonial yang berlangsung di TPI Jobokutho selesai maka dilanjutkan dengan pelarungan sesaji berupa kepala kerbau yang dipimpin langsung oleh Bupati Jepara Bapak Ahmad Marzuki dengan menumpang perahu nelayan. ratusan perahu nelayan turut mengiring acara pelarungan di tengah laut selepas P Panjang termasuk KMP Muria yang turut serta ke tengah laut dengan membawa rombongan ibu-ibu dan masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi larungan. Saat kepala kerbau dilarung para nelayan mencebur ke laut berebut sesaji tersebut, maksud dari upacara pelarungan ini adalah sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Alloh SWT, yang melimpahkan rizki dan keselamatan kepada warga masyarakat nelayan selama setahun dan berharap pula berkah dan hidayahnya untuk masa depan.

Tradisi pelarungan kepala kerbau ini dimulai sejak Haji Sidik yang kala itu menjabat Kepala Desa Ujungbatu sekitar tahun 1920. Upacara pemberangkatan sesaji kepala kerbau yang dipimpin oleh Bapak Bupati Jepara, sebelum diangkut ke perahu sesaji diberi do’a oleh pemuka agama dan kemudian diangkat oleh para nelayan ke perahu pengangkut diiringi Bupati Jepara bersama dengan rombongan. Sementara sesaji dilarung ke tengah lautan, para peserta pesta lomban menuju ke “Teluk Jepara” untuk bersiap melakukan Perang Laut dengan amunisi beragam macam ketupat dan lepet tersebut.

Selesai pelarungan semua perahu/ kapal yang turut ke tengah laut melanjutkan perjalanan menuu Pantai Kartini Jepara, diawali dengan memutar sebanyak 3 kali dan mencuci sebagian perahu mereka dengan menggunakan air laut disekita sesaji.

Pesta Lomban di Jepara pada awalnya adalah pestanya masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Jepara, namun dalam perkembangan peasta ini telah menjadi milik masyarakat Jepara pada umumnya. Pesta ini merupakan puncak acara dari Pekan Syawalan yang diselenggarakan pada tanggal 8 syawal atau 1 minggu setelah hari Raya Idul Fitri.

Pesta lomban oleh masyarakat Jepara sering pula disebut sebagai “ Bakda / Bada Lomban “ atau Bakda / Bada Kupat . Disebut “ Bakda Kupat “ kasrena pada saat itu masyarakat Jepara merayakannya dengan memasak kupat dan lepet disertai rangkaian masakan lain yang lezat seperti : opor ayam, rendang daging, sambal goreng, oseng-oseng dan lain-lain.

 

 

 

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s