Krisis Listrik Karimunjawa Diusulkan, Jaringan Bawah Laut dari Jepara

Kepulauan Karimunjawa semakin diminati masyarakat untuk berwisata. Persoalannya, pengembangan kawasan itu terkendala ketiadaan listrik. Selama ini listrik di Karimunjawa disuplai dari sejumlah pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang kemampuan produksinya terbatas.

Gubernur Bibit Waluyo mengatakan, pihaknya telah meminta perhatian pemerintah pusat mengenai permasalahan tersebut. Menurutnya, dibutuhkan jaringan bawah laut untuk mengalirkan listrik dari Jepara ke Karimunjawa.

’’Saya telah meminta agar dipasang jaringan listrik bawah laut dari Jepara,’’ kata Bibit, Jumat (24/8).

Menurutnya, usulan tersebut sedang diproses. Bibit menargetkan proyek tersebut dapat dimulai pada 2013. Bila energi listrik tercukupi, maka kawasan Karimunjawa akan lebih berkembang untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Gubernur menyatakan, akan sekuat tenaga mewujudkan proyek tersebut, karena potensi Karimunjawa sangat besar. Setiap tahun kunjungan wisatawan meningkat. Hal itu juga terlihat selama libur Lebaran tahun ini. ’’Peminatnya meningkat tajam, karena laut di Karimunjawa masih bagus, tak ada limbah ataupun pencemaran laut,’’ ujarnya.

Pengembangan Bandara

Sebelum ini, Pemprov telah berupaya meningkatkan potensi Karimunjawa, antara lain melalui pengembangan Bandara Dewandaru. Panjang landasan yang semula 680 meter ditambah menjadi 960 meter. Jika sudah jadi, bandara itu bisa didarati pesawat dengan kapasitas 30 kursi.

Sekretaris Komisi B DPRD Jateng Yahya Haryoko mendukung langkah-langkah untuk mengatasi krisis listrik di Karimunjawa. Sebagai destinasi wisata nasional yang tercantum dalam Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan (RIPKA), sangat ironis jika daerah itu mengalami krisis listrik.

’’Kalau dibiarkan terus, maka secara tidak langsung akan membangun kesan yang buruk. Saya khawatir itu akan membahayakan program Visit Jateng, karena wisatawan akan takut datang,’’ ujarnya. ( Suara Merdeka )

 

 

 

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s