Mikbar kayu jatiBulan Ramadan membawa berkah bagi sejumlah perajin mimbar ukir di Jepara, Jawa Tengah. Omset penjualan meningkat hingga 30 persen seiring dengan pesanan yang membanjir.

Mimbar buatan Jepara sangat istimewa. Bahannya terbuat dari kayu jati yang kuat. Variasi motifnya berbentuk kaligrafi. Itulah yang menarik minat konsumen lokal maupun mancanegara. Mimbar ukir di Bumi Kartini itu terkenal hingga ke negeri jiran Malaysia, Brunai, bahkan beberapa negara muslim di Timur Tengah.

Maskun, seorang perajin mimbar, mengaku mendapat banyak pesanan. Pada hari hari biasa, pesanan datang dari konsumen lokal seperti kota kota besar di Indonesia. Saat Ramadan, pesanan didapat dari sejumlah negara Muslim seperti Iran dan Arab Saudi.

Proses pembuatan mimbar ukir berukuran 1 x 1,5 meter membutuhkan waktu sekitar 3 hari. Sementara untuk ukuran besar 2 x 1,5 meter memerlukan waktu kurang lebih satu minggu. Proses pembuatan mimbar memang lama karena butuh ketelitian tinggi dan ketekunan untuk membuat ornament ukiran kaligrafi yang dipahat pada kayu jati. Sehingga mimbar ukir yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi.

Pada proses akhir, mimbar ukir sengaja tidak dicat atau hanya difernis agar kesan kayu jati tetap nampak. Itulah yang menimbulkan nilai seni tinggi tanpa meninggalkan kesan Islami. Mimbar dan podium ukir tersebut dibandrol dengan harga Rp12 juta untuk ukuran kecil dan Rp20 juta untuk ukuran besar.

Mimbar menjadi elemen penting di dalam masjid. Umumnya dibuat dari kayu dan digunakan untuk sarana dakwah, khotbah, atau ceramah para Khotib. Pada Ramadan, kegiatan pengajian dan ceramah maupun siraman rohani di masjid-masjid kian ramai. Maka tak jarang, para pengurus masjid semakin giat mempercantik masjidnya dengan berbagai ornamen, termasuk mimbar atau podium yang digunakan untuk berdakwah.(Udin Ali Nani/***)

 

 

 

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s