Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji Jepara Kini Sudah Sampai Tahun 2022

Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji Jepara Kini Sudah Sampai Tahun 2022Saat ini daftar tunggu calon Jamaah Haji kabupaten Jepara sudah capai tahun 2022, yang berarti bila ada calon haji yang mendaftar pada bulan ini maka keberangkatannya menunggu 10 tahun lagi. Hal itu dikatakan Dra. Lutfiyah Kasie Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jepara ketika membuka acara Bimbingan Manasik Kelompok Calon Haji Kecamatan Kedung.

Namun demikian tahun keberangkatan bisa maju dikarenakan ada beberapa calon jamaah haji yang mengundurkan diri . Terutama pada peserta talangan haji dikantornya setiap hari terjadi pengunduran diri karena beberapa sebab. Kebanyakan mereka kurang memahami apa arti talangan haji yang di sediakan oleh bank-bank syariah.

“ Setiap hari saya menerima pengunduran calon jamaah haji dari talangan , sehingga setiap laporan ke Semarang saya membawa berkas pengunduran diri calon haji 5 – 10 orang. Sehingga jika ini terus bertambah kemungkinan ada kemajuan tahun keberangkatan “, ujar Lutfiyah yang baru setahun menjabat Kasie Haji dan Umroh.

Untuk pemberangkatan haji tahun 2012 M /1433 H  Lutfiyah mengatakan , segala sesuatunya telah dipersiapkan oleh Kemenag dan Departemen terkait lainnya. Untuk BPIH tahun ini telah diputuskan sebesar $ 3.617 untuk embarkasi Solo , ada peningkatan sebesar $ 84 dibandingkan tahun yang lalu. Jika dirupiahkan tergantung nilai tukar US$ terhadap rupiah , jika US$ sebesar Rp 9.000,- maka ketemunya sekitar 32.353.000,- tetapi jika dollar naik menjadi Rp 9.500,- maka BPIH nya Rp 34,3 juta.

“ Untuk pelunasannya kita menunggu hari yang telah ditentukan oleh pemerintah lewat Bank-bank yang telah ditunjuk. Tahun kemarin waktun pelunasan jatuh pada bulan puasa dan ada rentang waktu sekitar 15 hari “, katanya.

Menyinggung tentang pemberangkatan haji setiap kloter Lutfiyah mengemukakan , satu Kloter terbagi beberapa Rombongan setiap rombongan berjumlah 51 calhaj. Setiap rombongan terbagi lagi menjadi beberapa regu yang beranggotakan 11 orang. Setiap Kloter pemerintah menyediakan petugas sejumlah 5 orang yang terdiri dari pendamping dan juga petugas kesehatan.

Oleh karena itu di Saudi nantinya jamaah tidak perlu khawatir akan keberadaannya disana , untuk bimbingan ibadah haji sudah ada pendamping TPHI sedangkan untuk kesehatannya sudah ada Dokter dan juga perawat. Selain itu yang tergabung dalam KBIH tentunya juga ada petugas yang selalu membimbing Jamaah haji tersebut.

“ Untuk Jepara jumlah KBIH ada 19 Kelompok , kebanyakan calon haji dari Jepara ini sudah tergabung dalam KBIH. Bagi kantor Kemenag KBIH adalah mitra kerja dalam pelayanan Haji dan Umroh pada masyarakat “, pungkasnya. (Muin)

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s