Penanaman Mangrove Perlu Terus Digalakkan

Sebuah desa hilang karena abrasi telah benar-benar merupakan kenyataan yang terjadi di Kecamatan Kedung, Jepara. Desa itu bernama Bulak, kemudian berganti menjadi Bulak Baru.

Fakta ini melecut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bersama masyarakat untuk bekerja sama menjaga lingkungan agar tak terulang. Salah satu upaya adalah penanaman mangrove di sepanjang Pantai Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung.

Aksi penanaman itu dipimpin langsung Bupati Ahmad Marzuqi bersama instansi terkait untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, baru-baru ini. Perhatian Pemkab melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu mendapat dukungan PT PLN Persero Pembangkit Tanjung Jati B, PT Central Java Power, PT Djarum, BPD,  dan Kesemat Undip.

Marzuqi menyebutkan, ada bebeberapa langkah untuk menanggulangi abrasi. Salah satunya dengan mengaudit potensi alam beserta kekurangannya bersama para pakar-pakar yang berkompeten baik di darat, pesisir, ataupun laut.

Hasil audit menyimpulkan terjadi abrasi yang sangat masif di semua wilayah. Abrasi terbesar di Kecamatan Kedung sekitar 460,80 hektare dan Keling seluas 88,36 hektare. Akibatnya, panjang pantai Jepara yang semula 72 kilometer pada 2006 menjadi 82 kilometer pada saat ini.

‘’Penanaman mangrove akan terus digalakkan. Terutama di muara-muara sungai sesuai dengan habitat bakau. Dalam waktu dekat juga dikembangkan dengan penanaman pohon-pohon lain, seperti cemara udang dan nyamplung,’’ ucap Marzuqi.

Kedua tanaman itu di samping memiliki ketahanan terhadap gelombang, di beberapa daerah terbukti mampu meningkatkan luas daratan. Sementara itu, tanaman nyamplung selain kuat juga memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku bioenergi atau minyak terbarukan. Kepala BLH Jepara Junaidi mengemukakan, tema tahun ini adalah ‘’Ubah Perilaku Tingkatkan Kualitas Lingkungan.” (H75-57)

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s