Hasil UN Rendah, 11 SMP Jepara Ikut Workshop

Sebanyak 132 guru dan 11 Kepala SMP se-Kabupaten Jepara mendapatkan kesempatan mengikuti workshop peningkatan pembelajaran mata pelajaran Ujian Nasional (UN) bertempat di SMP Al Ma’arif Jepara -di Krapyak, Tahunan-, mulai Sabtu (30/6).

Sebagaimana dikabarbarkan suara merdeka.com Kegiatan itu dilatarbelakangi hasil UN SMP Tahun 2011/2012  yang masih rendah, belum mencapai 80 persen berdasarkan nilai murni.

“Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud  perlu mengintervensi ke sekolah-sekolah yang hasil UN-nya  masih rendah dengan cara memberikan subsidi layanan akses dan mutu pendidikan,” ujar Ketua Panitia Workshop Drs Riyanto MM (Kepala SMPN 2 Pakis Aji) dan Sekretaris Supar SPd (Kepala SMPN 2 Kedung), Jumat (29/6).

Dijelaskan, workshop pembelajaran menyenangkan  tersebut  bertujuan meningkatkan kemampuan guru Mapel UN  dan Kepala Sekolah. Juga terselenggaranya pembelajaran yang kondusif sesuai dengan kebutuhan dan kondisi (konteks) –yang mana peserta didik berada dalam upaya peningkatan hasil Ujian Nasional.

Sifat dari bantuan ini adalah terbatas dan selektif, transparan dan akuntabel, memotivasi dan menstimulus. Alasan dilaksanakan kegiatan in service pada hari-hari libur sekolah. arena panitia ingin memanfaatkan waktu-waktu libur dan tidak mengganggu kegiatan pembelajaran. Jika ada kegiatan di sekolah itupun hanya Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB).

Bendahara panitia Sardjono Supriyadi SPd (Kepala SMP Al Ma’arif) menambahkan, 11 SMP yang mendapat bantuan dari pusat tersebut adalah SMP Al Ma’arif Jepara, SMPN 4 Jepara, SMPN 2 Kedung, SMPN 2 Keling, SMP TAQ Sadamiyah Bangsri, SMP Ma’arif Bangsri, SMP Muhamadiyah Keling, SMP IT Al Haromain Rajekwesi Mayong, SMP N 2 Donorojo, SMP N 1 Pakis Aji dan SMP N 2 Pakis Aji.

Workshop layanan akses dan mutu pendidikan diikuti diikuti guru Mapel UN mulai kelas 7 hingga 9. N arasumber / pemandu para Pengawas SMP, dan guru-guru senior yang telah terlatih. Kegiatan pembekalan dari narasumber/in service mulai pukul 07.30 hingga 15.15 setiap hari. Gelombang I 30 Juni-7 Juli, gelombang II 9-14 Juli di SMPA Al Ma’arif.

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s