Disparbud Jepara Ajukan Rp 1 Miliar untuk memperbaiki Infrastruktur Pantai Bandengan

Pantai Bandengan yang merupakan salah satu objek wisata utama Jepara masih perlu tambahan sarana dan prasarana serta perbaikan infrastruktur. Salah satunya adalah gardu pandang dan perbaikan jalan di lingkungan wisata.

Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara mengajukan anggaran Rp 1 miliar untuk pembangunan tersebut di angaran APBD Perubahan tahun ini. Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata pada Disparbud Jepara Zamroni Lestiaza menjelaskan perbaikan jalan dilakukan untuk kenyamanan wisatawan.

Jalan yang diperbaiki adalah yang menjadi tempat utama. Adapun untuk gardu pandang berfungsi memaksimalkan pengawasan terhadap wisatawan yang mandi di pantai. “Anggaran sebesar itu nanti juga digunakan untuk pembangunan yang lain sehingga sarana dan prasarana semakin baik. Kami berharap bisa disetujui sehingga keamanan di Pantai Bandengan semakin baik,” ucap Zamroni, tadi pagi.

Terpisah, Manajer Pantai Bandengan H Djarwono mengatakan, mendukung upaya Disparbud untuk mendapatkan tambahan anggaran. Dia mengungkapan dengan adanya gardu pandang ada titik utama yang bisa digunakan untuk secara menyeluruh. Seperti diketahui, di Pantai Bandengan beberapa kali terjadi korban tewas tenggelam saat berenang.

“Memang sangat diperlukan untuk gardu pandang. Kalau soal jalan yang di dalam areal wisata sudah relatif baik dan saat ini sedang diperbaiki. Saya rasa untuk jalan yang menuju pintu gerbang wisata butuh perbaikan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Djarwono juga menyinggung soal keberadaan dermaga yang belum tuntas pengerjaannya dari anggaran pemerintah provinsi. Dia berharap Disparbud Jepara bisa mengkomunikasikan agar ada lanjutan. “Sejauh ini belum ada kepastian apakah pengerjaan dermaga dilanjutkan atau tidak,” tuturnya.

Dengan kondisi pengerjaan dermaga yang belum selesai, kata Djarwono, bisa mengurangi keindahan Pantai Bandengan. “Itu kan seperti bangunan mangkrak karena sebenarnya dermaga itu ada pagarnya ada semacam gazebo sehingga bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai,” katanya. (suaramerdeka)

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s