Persijap tundukkan PSIS 1-0, Kado ultah untuk Bupati Jepara

Kapten Tim Persijap (Jepara), Evaldo Silva de Assis memenangkan timnya dalam partai derby Jateng di ISL (Indonesia Super League) 2008, melawan PSIS (Semarang) di Stadion GBK Jepara, Rabu (22/10) petang.

Pemain asal Brazil ini melesakan gol melalui titik penalti pada menit ke-55. Gol ini merupakan satu-satunya gol yang terjadi, hingga akhirnya Persijap hanya menang tipis 1-0. Pada pertandingan kemarin, PSIS yang menurunkan pemain-pemain lapis kedua mampu tampil disiplin. Mereka mampu bermain lepas sepanjang pertandingan.

Bahkan pada babak pertama, para penyerang Persijap bisa dikatakan tidak mampu merambah daerah 16 meter pertahanan PSIS. Sebaliknya, para pemain PSIS yang mengandalkan serangan balik, juga tidak mampu menyentuh pertahanan Persijap. Bola lebih banyak bergulir di lapangan tengah permainan.

Persijap yang menguasai permainan di sepanjang pertandingan, pada babak pertama terlihat frustrasi. Formasi 3-4-3 yang digelar Persijap terlihat tidak efektif menembus pertahanan PSIS yang diperkuat oleh Idrus Gunawan, Edson L, Rumba, dan Ilham Asdat. Tiga penyerang Persijap masing-masing Arnaldo, Charlie dan Pablo terlihat tidak padu dalam bermain.

Hal ini berimbas di sektor tengah yang diisi oleh Souza dan Dony Siregar. Masih untung jika akhirnya Evaldo, Sofyan, dan Anam tetap tampil kokoh di belakang. Serangan demi serangan yang dibangun para pemain Persijap pada babak ini selalu kandas di daerah pertahanan PSIS. Tim Mahesa Jenar seperti meletakan sebuah bus di depan gawangnya.

Cerdik
Memasuki babak kedua, Pelatih Persijap, Djunaidi menunjukan kecerdikannya. Meski tidak melakukan perubahan pemain, dia sedikit melakukan perubahan formasi. Charlie Raul yang semula bermain sebagai striker, sedikit ditarik ke belakang menjadi gelandang serang. Keputusan ini langsung membuat formasi Persijap kembali ke patron alaminya 3-5-2. Dengan perubahan ini, permainan Persijap mulai mampu mendobrak pertahanan PSIS.

Pablo Frances, yang sepanjang pertandingan kemarin sering terlibat duel ketat dengan Edson L, akhirnya memberi petaka pada pertahanan PSIS. Setelah berhasil melewati hadangan Edson, Pablo berhasil membawa bola ke dalam kotak penalti. Edson yang terlihat emosi karena dikelabuhi berusaha tetap menahan laju Pablo dengan menariknya dari belakang. Wasit akhirnya menunjuk titik putih, tanpa ada banyak protes dari para pemain PSIS.

Evaldo Silva yang menjadi algojo melakukan eksekusi tersebut dengan mulus pada menit ke-55. Sepakan kerasnya membuat kiper PSIS, Basuki gagal menghalau bola. Gol tersebut membuat sekitar 20 ribu pendukung Persijap bersorak gembira. Selain itu, permainan Persijap menjadi semakin menggila. Beberapa peluang tercipta namun gagal berbuah gol tambahan.

Pablo Frances yang berhasil lepas dari hadangan sempat melepaskan tendangan keras dari jarak empat meter. Namun Basuki yang tampil bagus mampu mengebloknya. Pada kesempatan lain, Pablo juga berhasil memotong umpan crossing yang dilakukan oleh Isidiantono. Namun guntingannya hanya membentur tiang gawang. Para pemain PSIS juga berupaya membalas. Melalui Deny Rumba, Sukamto dan terutama Gaston Castano, sesekali membahayakan pertahanan Persijap.

Wasit Eri Bastari yang memimpin pertandingan, hanya mengeluarkan satu kartu kuning untuk Idrus Gunawan. Kapten Tim PSIS ini mendapatkannya setelah melakukan tackling keras pada Noorhadi di akhir babak kedua. Secara umum pertandingan berlangsung lancar, meski beberapa kali beberapa pemain dari kedua tim sempat bersitegang.

Terpisah, Bupati Jepara Drs Hendro Martojo menyatakan gembira dengan kemenangan yang diraih oleh Evaldo dkk. Kemenangan tersebut menurutnya merupakan kado terindah untuk dirinya yang kemarin berulang tahun ke-55. Lebih dari itu, kondusifitas yang terjadi lebih menggembirakan dirinya.

Persijap: Danang Wihatmoko, Evaldo Silva, Sofyan Morhan, Anam Syarul, Isdiantono, Nurul Huda, Dony Siregar, Amarildo Souza/Junaidi Tagor, Charlie Scucaty, Pablo Frances, Arnaldo Villalba/Noorhadi.

PSIS: Basuki, Deny Rumba, Idrus Gunawan, Ilham Asdat/Hery Susilo, Gunawan, Sapto W, Edson L, Ferry I, Anwarudin/Prananda A, Sukamto/S Begondo, Gaston Castano. ( Sumber : wawasan )

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Persijap tundukkan PSIS 1-0, Kado ultah untuk Bupati Jepara

  1. aldin berkata:

    ayooo persijap…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s