Lelang KIM Hanya Diikuti Satu Peserta

Proses panjang untuk melelang proyek kawasan berikat Kawasan Industri Mulyoharjo (KIM) yang mangkrak beberapa tahun terakhir ini hanya diikuti satu peserta.

Padahal, Dinas Pelayanan, Perizinan, dan Permodalan (DPPM) Jepara telah mengumumkan ke media cetak 9 September 2008 perihal lelang tersebut.
“Peserta lelang hanya satu, tidak ada yang lain. Tahun yang lalu juga sama, pesertanya tidak ada perkembangan,” ujar Kepala DPPM Supriyanto, Rabu (22/10).

Satu peserta ini PT Mangkubumi Sejahtera dari Semarang. Padahal, pihaknya berharap ada peserta lainnya agar bisa bersaing dan memilih yang terbaik.
Pengumuman lelang sudah dilakukan empat kali, namun peminatnya hanya peserta tunggal.

Menurut PP 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara atau Daerah serta Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 dijelaskan bahwa peserta lelang minimal tiga hingga lima.

“Mau bagaimana lagi pesertanya cuma dari Semarang saja, tidak ada peserta lain. Kami tetap berharap ada peserta lainnya. Rencana Senin (27/10) akan diadakan rapat panitia lelang membahas permasalahan ini di antaranya dengan penunjukan secara langsung jika tidak ada peserta lelang lainnya,” jelasnya didampingi Kabid Penanaman Modal Ir RR Winastuti. Menurut Supriyanto, jika memang hanya satu peserta saja, pihak PT Mangkubumi Sejahtera diwajibkan mengambil rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) dan memberikan uang jaminan Rp 3 miliar.

“Pembangunan ini harus tetap jalan, karena sudah dianggarkan pada APBD 2008. Smeua pihak sudah menanyakan kelanjutan pembangunan KIM. Untuk PT Mangkubumi memang spesialisasi menggarap proyek kawasan berikat. Mereka akan kami mintai kontribusi awal Rp 3 miliar,” imbuhnya.

Tanah KIM sudah diratakan sejak 2005. Namun hingga saat ini, penggarapannya masih belum ada kejelasan. Total anggaran pembangunan Rp 22 miliar dengan kontrak selama 30 tahun. Harga tanahnya Rp 81.691/m2 dengan luas total lahan 27,1 hektare. (Suara Merdeka)

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s