Awas KPK Gadungan !!!!

Akhir-akhir ini sering terjadi penipuan yang mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK) dengan modus operandi seolah-olah melakukan / investigasi yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Maraknya penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan KPK baik pimpinan maupun pejabat/ pegawai KPK terhadap para pejabat didaerah akhirnya sampai juga ke KPK, agar tidak terjadi kesalah pahaman maka Antasari Azhar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK) nebgirimkan surat dengan nomor B-2217/01/IX/2008 tertanggal 3 September 2008 kepada para pejabat dan masyarakat Umum.

Modus operandi yang sering dilakukan antara lain :

  1. Permintaan data/ informasi atas nama KPK seolah-olah dengan maksud untuk melakukan investigasi/audit.
  2. Penyelenggaraan diklat/ lokakarya/ seminar pemberantasan dan pencegahan korupsi dengan pengenaan biaya yang mengaku bekerjasama atau atas nama KPK.
  3. Permintaan pengiriman dana ke rekening atas nama pimpinan/ Deputi/ Sekjhen KPK.
  4. Memanfaatkan surat penerimaan pengaduan masyarakat yang diberikan oleh KPK kepada pelapor dengan maksud untuk melakukan pemerasan terhadap pelapor.
  5. Merekayasa seolah-olah telah menyampaikan pengaduan masyarakat kepada KPK, kemudian menggunakannya untuk melakukan pemerasan.
  6. Mengaku sebagai agen KPK astau perwakilan khusus KPK di daerah, atau media resmi KPK dan perwakil;annya , bahkan sebagai pegawai KPK untuk meminta imbalan maupun dana atau melakukan poemerasan.
  7. Menulis surat untuk menjual buku-buku peraturaturan perundang-undangan maupun pekmberantasan korupsi.

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan tersebut, dihimbau kepada masyarakat maupun pejabat didaerah untuk selalu waspada, karena dalam menjalankan tugasnya setiap pegawai KPK selalu dilengkapi dengan surat penugasan dan kartu indentitas resmi yang dikeluarkan KPK.

Pegawai KPK dilarang menerima, apalagi meminta imbalan dalam bentuk apapun dan KPK tidak pernah menunjuk organisasi manapun sebagai perpanjangan tangan dari KPK dan tidak pernah menerbitkan maupun bekerjasama dengan media yang memakai nama KPK atau yang mirip dengan KPK.

Situs resmi KPK beralamat di http://www.kpk.go.id sedangkan perangkat sosialisasi anti korupsi baik berupa buku, poster, maupun brosur yang diterbitkan oleh KPK diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan secara cuma-cuma, dengan demikian tidak benar jika ada pihak yang menjanjikan bisa mengurus suatu kasus yang penanganannya sedang dilakukan oleh KPK.

Apabila masyarakat menemukan tindakan-tindakan dengan modus operandi tersebut atau tidak sesuai dengan ketentuan, dapat melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat atau kepada Direktorat Pengaduan Masyarakat KPK Gedung KPK Jl. HR Rasuna Said Kav. C1 Jakarta, telp. 021-2557 8389 Faxs : 021- 52892454 SMS : 0855 8 575 575 atau E-Mail : pengaduan@kpk.go.id.

Tentang Kak Totok

Kak Totok seorang anggota Pramuka Jepara, Ketua SAR Jepara, Ketua Bidang Abdimas Humas Kwarcab Jepara, Ketua Pengelola Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Anggota ORARI Lokal Jepara NP : YC2TVT. Bekerja di Pemda Jepara sebaga Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.
Pos ini dipublikasikan di Jepara dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s